POTENSI BIOAKTIF EKSTRAK ALGA MERAH (Gracillaria verrucosa) TERHADAP KADAR MALONDIALDEHIDA (MDA) DAN GAMBARAN HISTOLOGI PARU TIKUS PUTIH (Rattus novergicus) PASCA INDUKSI FORMALIN

PDF
Full Text
Anggun Tanduwinata, Helmi Auliyah Istiqomah, Jamilah Jamilah, Ni Luh Kemmy Caesaria, Rizki Rahmat Saputra, Aulanni'am Aulanni'am

Abstract


Indonesia merupakan negara megabiodiversitas yang banyak mengandung kekayaan alam, salah satunya alga merah. Alga merah (Glacillaria verrucosa) mengandung senyawa fikosianin, fikoeretin dan karotenoid yang berperan sebagai antioksidan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi bioaktif ekstrak alga merahuntuk terapi hewan coba tikus putih (Rattus novergicus) berdasarkan kadar malondialdehida (MDA) dan gambaran histologi paru. Metode penelitian yang dilakukan meliputi ekstraksi alga merah dan karakterisasi, induksi  hewan coba (R. novergicus) dengan formalin, kemudian terapi ekstrak alga merah dengan variasi dosis. Berdasarkan uji fitokimia, analisis dengan FTIR dan LCMS, ekstrak alga merah mengandung senyawa flavonoid, terpenoid, alkaloid, β-karoten , β-apo-8’-carotenal dan α-tokoferolyang berperan sebagai antioksidan. Formalin dapat meningkatkan kadar MDA serta menyebabkan kerusakan sel epitel bronkus dibandingkan dengan keadaan normal. Pemberian terapi dengan dosis yang sesuai akan menurunkan kadar MDA dan memperbaiki keadaan sel epitel bronkus. Berdasarkan pengamatan parameter penelitan, diketahui bahwa dosis optimum yang sesuai untuk terapi kanker paru adalah 100 mg/kg BB

References


Bruch, C.G. and D.P. Janet, 2002, Oxidative Stress InCritically III Patients, American Journal of Critical Care,11(6):543-551.

Fretes,H.D., Susanto, A.B.,Prasetyo, B., dan Limantara, L., 2012,Karotenoid dari Makroalgae dan Mikroalgae : Potensi Kesehatan Aplikasi Dan Bioteknologi,Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, 23(2): 221-228.

Heryani, L.G.S.S., 2011, Paparan Formalin Menghambat Proses Spermatogenesis pada Mencit, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana, Denpasar-Bali, 12(3): 214-220.

Khotimah, K., dan Bambang, Sasmito, B.B., 2013,Uji Aktivitas Senyawa Aktif Alga Coklat (Sargassum Fillipendulla) Sebagai Antioksidan Pada Minyak Ikan Lemuru (Sardinella longiceps),THPi Student Journal, 1(1): 10-20.

Rao AV, and Rao LG, 2007, Carotenoids and Human Health, Pharmaco Res, 55(0): 207-216. http://dx.doi.org/10.1016/j.phrs.2007.01.012

Sugiyatno, 2010, Manajemen Budidaya dan Pengolahan Pasca Panen Glacillaria verrucosa (Hudson) Papenfus. Study Kasus: Tambak Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Buletin Anatomi dan Fisiologi, 21(2): 42-50.

Yustika, A.R., Aulanni'am, dan Sasangka P., 2013,Kadar Malondialdehid (MDA) dan Gambaran Histologi Pada Ginjal Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Pasca Induksi Cylosporine-A, Kimia Student Journal,1(2): 222-228.




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.jm.2015.10.2.8

Metric logoArticle Metrics


This article has been viewed: 1299 (times)
PDF file viewed / downloaded: 1172 (times)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Molekul

Logo Unsoed

Molekul

Jurnal Ilmiah Kimia
Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences,
Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.